PSBB Berakhir : Sekolah,Toko dan Mall Dibuka, Pesta Pernikahan Diperbolehkan


Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua telah berakhir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pemerintah daerah setempat kemudian menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) dengan memperbolehkan toko-toko dan mall buka.

Tak hanya itu, sekolah juga tengah dipersiapkan untuk dibuka kembali hingga pesta sunatan dan perkawinan pun diperbolehkan.

Menurut Pejabat Wali Kota Makassar, Yusran Yusuf, pihaknya telah menggelar rapat dan sudah ada keputusan final.

“Kalau Perwali ini, aktifitas semua memungkinkan dibuka, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Misalnya, sekolah bisa saja dibuka dan mekanismenya melalui Dinas Pendidikan,” kata Yusran pada Jumat (22/5/2020).

Yusran menuturkan pembukaan sekolah dimungkinkan karena dalam waktu dekat ada penerimaan siswa baru. Karena itu, pihaknya pun sudah mempersiapkan diri untuk membuka kembali sekolah.

“Kita sudah rapat teknis dengan Dinas Pendidikan, sekolah-sekolah dibatasi jumlah siswa hanya 38 orang setiap kelasnya,” katanya.

Untuk aktivitas hajatan sunatan hingga pernikahan sekarang juga sudah diperbolehkan. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengedepankan social distancing dan physical distancing.

“Sunatan boleh, termasuk pesta kawinan. Kalau ruangan dipakai kapasitasnya 100, bisa diatur hanya 50 orang. Bagaimanalah diatur sebaik-baiknya,” tuturnya.

Sedangkan mall dan pusat-pusat perbelanjaan atau toko-toko sudah diperbolehkan buka kembali. Tapi, setiap pengunjung yang datang diperiksa dan juga dibatasi jumlah pengunjungnya.

“Untuk mengantisipasi pendatang dari daerah yang belanja ke Kota Makassar jelang Lebaran, mereka terlebih dulu diperiksa di daerahnya masing-masing,” tuturnya.

“Mereka di-screening dulu di daerahnya. Demikian pula saat naik bus akan diperiksa lagi. Sampai di Kota Makassar ingin berbelaja, diperiksa lagi di setiap toko-toko maupun mall.”

Lebih lanjut, Yusran mengungkapkan, posko-posko terpadu di perbatasan Kota Makassar juga sudah ditiadakan setelah berakhirnya PSBB.

Sumber : kompas.tv/article/82588/makassar-akhiri-psbb-sekolah-toko-dan-mall-dibuka-pesta-pernikahan-diperbolehkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Video Akan Diputar Dalam 110 detik