NON PNS ??, BERBIAYA RP 849.000,- INI SURAT JALAN BEBAS COVID-19



Pengurusan Surat bebas Corona Virus (Covid-19) oleh warga masyarakat non PNS dikenakan biaya total senilai Rp 849.000,-. Per orang. Pungutan dilakukan setelah dilakukan rapid test di Prodia dengan hasil rapid test non reaktif.

Prodia merupakan klinik rujukan gugus tugas covid- 19 Provinsi Maluku Utara untuk dilakukan rapid tes.

Hal ini terungkap setelah teropong malut.com memperoleh bukti pemeriksaan dan bukti pembayaran dari seorang warga kota Ternate atas nama Febri Ovtaya Domili pada Sabtu (30/05).

Sementara itu Koordinator Bidang Kehumasan Gugus Tugas Provinsi Malut Mulyadi Tutupoho, saat dikonfirmasi via whatsapp menjelaskan.
“Swasta Bali alat Rapid dan melayani bila ada yg berkepentingan” kata Mulyadi Tutupoho.

Mulyadi, mengaku Gugus hanya melayani administrasi, sedangkan rapid Test ada di kabupaten/kota.
“Kewenangan gugus hnya administrasi saja. Dan Rapid Test hanya dilayani bagi yg sakit atau kepentingan tracking kontak. Bukan pelaku perjalanan.
Himbauan pemerintah agar tetap di rumah” ucap Mulyadi.

Disisi lain Mulyadi menyatakan, Prinsipnya Pemda dan gugus tugas provinsi maupun kabupaten kota Tidak menyiapkan Rapid Test untuk pelaku perjalanan. Karena alat Rapid Test terbatas sehingga yang disiapkan hanya bagi yang diduga sakit atau yang berkontak langsung dengan pasien positif.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ternate Arif Gani, yang dikonfirmasi via hand phone menjelaskan bagi pelaku perjalanan yang ingin melakukan perjalanan dan mengurus dokumen perjalanan ke Gugas Tugas dilayani secara gratis.

Namun jika ingin mendapatkan hasil tes bebas Covid- 19 maka mereka diarahkan oleh gugus tugas ke labkesda, laboratorium Klinik Prodia dan Laboratorium Kimia Farma. “Karena rapid tes kita terbatas sehingga kita prioritaskan kepada yang traking kontak dengan pasien” jelas Arif.
BAGIKAN SEGERA WhatsApp

SARAN DARI KAMI